Senin, 16 Oktober 2017

E-MODUL BAHASA INDONESIA



MODUL BAHASA INDONESIA
MENCERMATI TEKS PROSEDUR


KELAS XI
SMA/SMK/MA/MAK


DISUSUN OLEH
DODI MUHAMMAD BASIR, S.PD.




DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2017

DAFTAR ISI

 

PENDAHULUAN

1. PERTEMUAN 1
1.1 URAIAN MATERI
1.2 UJI KOMPETENSI
1.3 KUNCI JAWABAN
2. PERTEMUAN 2
2.1 URAIAN MATERI
2.2 UJI KOMPETENSI
2.3 KUNCI JAWABAN
GLOSARIUM
DAFTAR PUSTAKA



PENDAHULUAN

Hidup di dunia ini hanyalah satu kali, maka perbanyaklah berbuat kebaikkan. Kebaikkan bukan hanya melakukan kewajiban, seperti beribadah sesuai dengan kepercayaan. Menuruti perintah guru dalam belajar merupakan satu dari sekian kebaikkan. Berbicara dengan sopan merupakan kebaikkan. Mendengarkan penjelasan dari guru dan orang lain merupakan kebaikkan. Menulis kata-kata menjadi sebuah kalimat yang enak dibaca itupun merupakan kebaikkan. Sama halnya dengan belajar bahasa Indonesia yang memiliki empat aspek, yaitu berbicara, mendengarkan/menyimak, menulis, dan membaca merupakan kebaikkan.

Teks prosedur adalah suatu bentuk teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan tahapan yang harus dipenuhi dalam melakukan suatu kegiatan agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan secara teratur  yang bisa membuat kegiatan yang dilakukan menjadi terhambat bahkan sampai gagal. Terdapat banyak kegiatan disekitar kita yang harus dilakukan menurut prosedur.Jika kita tidak mengikuti prosedur itu, tujuan yang diharapkan tidak tercapai dan kita dapat dikatakan sebagai orang yang tidak mengetahui aturan. Tetapi langkah-langkah tersebut tidak dapat di balik-balik. Teks prosedur juga dibagi menjadi teks prosedur sederhana dan teks prosedur kompleks. Teks prosedur sederhana yaitu teks yang berisi langkah-langkah yang singkat dan biasanya kurang dimengerti oleh pembaca. Sedangkan teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang lengkap dan terarah sehingga dapat dengan mudah untuk dimengerti oleh si pembaca

Modul ini merupakan kelanjutan dari modul Mencermati Teks Prosedur. Pada modul ini, kalian bisa mengorganisasikan informasi dalam teks prosedur, membuat rancangan teks prosedur, menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur, dan mengembangkan teks prosedur. Ada baiknya kalian dapat membaca buku-buku atau artikel-artikel lainnya tentang teks prosedur kompleks. Buku-buku ataupun artikel-artikel tersebut akan memperluas pengetahuan kalian tentang cerita pendek.

Kompetensi Dasar yang hendak dicapai.
3.1   Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
3.2   Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

4.1    Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.2    Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan

Indikator Pencapaian Kompetensi berupa.
3.1.1  Mengorganisasikan informasi dalam teks prosedur
3.1.2  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

4.1.1  Membuat rancangan teks prosedur
4.1.2  Mengembangkan teks prosedur

Kalian harus mengikuti petunjuk atau instruksi yang tertulis dalam modul. Jangan lupa menjawab pertanyaan dan latihan soal yang ada dengan serius dan jujur agar kalian dapat mengetahui sampai dimana pencapaian kompetensi dan memudahkan kalian dalam belajar.


1. PERTEMUAN 1
1.1 URAIAN MATERI
Teks prosedur kompleks didefinisikan sebagai suatu teks untuk menjelaskan jalannya suatu proses, baik itu proses pengerjaan, pembuatan, pengoperasian yang didalamnya memuat langkah-langkah sistematis. Dalam bahasa Indonesia, contoh teks yang termasuk jenis prosedur kompleks cukup beragam seperti langkah membuat, langkah mengurus sesuatu, resep, dan sebagainya. Teks semacam itu, sangat penting untuk diketahui khalayak umum agar memudahkan mereka dalam melalui tahapan sesuatu sesuai prosedur dan aturan yang ada. Berikut ini uraian singkat mengenai jenis, tujuan, contoh teks prosedur kompleks singkat dan strukturnya yang dirangkum pada penjelasan berikut.

Coba perhatikan gambar di atas. Pasti kalian tau maksud dan tujuan dari gambar tersebut. Gambar tersebut adalah contoh dari teks prosedur kompleks.  Teks prosedur kompleks adalah sebuah tulisan yang menjelaskan dengan tahapan atau langkah untuk melakukan, membuat, mengoperasikan, dan sejenisnya, dengan maksud memudahkan seseorang serta menghasilkan sesuatu yang tepat sesuai aturannya. Dengan demikian, adanya teks prosedur kompleks sangat dibutuhkan karena dengan memerhatikan dan mengikuti langkah yang tertulis didalamnya, hasil yang dicapai akan sesuai dengan yang diharapkan.

Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur
Berikut ini contoh teks prosedur kompleks menggunakan alat/bahan.
Cara Membuat Nasi Goreng
Pernyataan Umum
Bisa dibilang inilah makanan khas Indonesia yang sudah mendunia, bahkan menurut survei CNN yang ditulis ulang oleh viva.co.id nasi goreng merupakan makanan terlezat nomer dua setelah rendang, mengagumkan bukan?
Nah, membuat nasi goreng ternyata tidak susah kok, kamu cukup menyiapkan bahan dan mengikuti teks prosedur di bawah ini dijamin akan bisa membuat nasi goreng yang enak. Mari kita coba!
Alat/Bahan
Bahan
500 gram nasi putih atau secukupnya
1 Butir Telur
3-4 sendok makan kecap manis (sesuai selera)
6 sendok makan minyak goreng
1-2 sendok makan saos tomat (sesuai selera)
Bumbu
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3-5 buah cabai merah atau sesuai selera
1/2 sendok teh terasi
Garam secukupnya
Tahapan
Langkah-langkah :
1.      Haluskan semua bumbu yang telah disiapkan terlebih dahulu
2.      Kemudian, masukkan minyak goreng ke dalam wajan
3.      Ketika minyak sudah panas, masukkan 1 butir telur lalu orak-arik telur tersebut sampai matang
4.      Angkat dan dinginkan
5.      Setelah itu, tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai mengeluarkan bau harum
6.      Masukkan nasi putih, kemudian aduk-aduk sampai rata
7.      Setelah semua rata, masukkan kecap manis, saos tomat dan telur yang sudah dibuat orak-arik
8.      Aduk hingga rata
9.      Angkat dan nasi goreng pun siap untuk disajikan
Penutup
Itulah tadi cara membuat nasi goreng. Selamat mencoba!

1.2 UJI KOMPETENSI
Carilah dua contoh teks prosedur dan tentukanlah isi, pernyataan umum, dan langkah-langkah teks prosedur tersebut?

1.3 KUNCI JAWABAN
1. Cara Membuat Email Baru pada Yahoo Mail
Pernyataan umum
Yahoo Mail adalah sebuah aplikasi email yang tersedia di laman Yahoo.com untuk memudahkan proses komunikasi digital. layanan Yahoo termasuk layanan email yang terbesar kedua setelah gmail.com, untuk membuat email baru di yahoo.com.
Tahapan
·         Kunjungi laman http://www.yahoo.com
·         Anda akan menemui website yang berisi banyak berita resmi dan akurat dari seluruh dunia, di bagian kanan laman ini anda akan dituntun untuk membuat email baru dengan meng-klik “buat akun baru”.
·         Klik tombol tersebut kemudian langkah akan dilanjutkan dengan pengisian formulir elektronik.
·         Isilah data yang diminta dengan benar dan teliti sekali lagi.
·         Setelah anda mengklik tombol setuju pembuatan akun, maka yahoo akan melakukan verifikasi data dengan menghubungi anda melalui nomor telepon yang anda isikan sebelumnya.
·         Lakukan verifikasi, kemudian akun yahoo anda siap digunakan.

2. Cara Membuat Pempek Kapal Selam
Pernyataan Umum
Pempek merupakan makanan khas dari Palembang. Di Palembang banyak sekali penjual yang menjajakan sajian tersebut. Berbagai jenis dari pempek di antaranya yang sangat banyak diminati oleh masyarakat umum adalah pempek kapal selam.
Alat/Bahan
Bahan
1.      Yang Anda butuhkan untuk membuat pempek kapal selam antara lain adalah 400 gram daging ikan tenggiri atau ikan jenis apa pun yang berdaging putih, entah itu ikan gabus yang segar.
2.      Siapkan pula 200 ml air es.
3.      Siapkan setengah sendok makan garam.
4.      Siapkan tiga siung bawang putih dan 300 gram tepung sagu yang berkualitas.

Resep pempek kapal selam untuk bahan kuah cuko
1.      Menikmati pempek kapal selam akan lebih lengkap jika ditemani dengan kuah cuko pedas yang nikmat, untuk membuat kuah cuko, Anda membutuhkan lima buah cabai merah keriting yang telah dihaluskan.
2.      Siapkan pula empat buah cabai rawit yang telah dihaluskan.
3.      Siapkan empat siung bawang putih yang telah dihaluskan.
4.      Siapkan 500 ml air.
5.      Siapkan 50 gram gula pasir dan 25 gram garam.
6.      Empat sendok makan kecap asin.
7.      Siapkan 100 ml air asam jawa yang diambil dari 2 sdm buah asam atau setara dengan 4 sdm cuka.
8.      Dan terakhir siapkan dua sendok makan ebi yang telah disangrai sampai matang dan dihaluskan.
Tahapan

Cara Membuat Pempek Kapal Selam

1.      Langkah pertama untuk membuat pempek kapal selam adalah dengan memblender daging ikan tenggiri bersama bawang putih, air es dan garam. Blender hingga semua bahan tercampur merata dan halus.
2.      Tuangkan adonan ikan tenggiri yang telah diblender ke dalam wadah berukuran besar untuk kemudian ditambahkan dengan tepung sagu dan diaduk serta diuleni hingga adonan pempek kapal selam tidak lengket dan siap dibentuk.
3.      Bagi adonan pempek kapal selam menjadi beberapa bagian dan usahakan agar masing-masing adonan pempek beratnya sekitar 100 gram.
4.      Bentuk adonan berbentuk bulatan besar dan buat cekungan di bagian tengahnya, usahkan agar cekungannya memanjang bukannya melebar. Tekan bagian dinding kantung adonan pempek agar lebih padat serta kantung semakin besar.
5.      Tuangkan satu butir telur ayam, dan usahakan untuk memakai telur ayam yang kecil ke dalam cekungan adonan dan rapatkan ujung kantung adonan hingga tertutup merapat.
6.      Rebus pempek kapal selam hingga pempek mengapung setelah itu goreng pempek hingga berwarna kuning kecoklatan.
7.      Buat kuah cuko dengan cara merebus semua bahan kuah cuko sampai kuah mendidih dan matang, cicipi kuah cuko dan pastikan jika rasanya masam, manis dan pedas, setelah itu saring dan sajikan dengan pempek kapal selam yang panas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






2. PERTEMUAN 2
2.1 URAIAN MATERI
Struktur Teks Prosedur Kompleks
Struktur pada teks prosedur kompleks dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian awal, isi, serta langkah pelaksanaan. Berikut penjelasannya.
·         Bagian Awal atau pertama, biasanya ditulis dalam bentuk judul, berisikan tujuan atau maksud dari tulisan selanjutnya, berisi penjelasan tentang hasil akhir yang akan dicapai dari langkah-langkah yang akan dijelaskan.
·         Bagian Isi atau kedua, ditulis dengan gaya bertahap, menjelaskan segala kebutuhan baik berupa alat atau persiapan barang yang dibutuhkan sebelum menjalankan langkah.
·         Bagian Langkah pengerjaan atau ketiga, adalah inti dari teks prosedur yaitu berisikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai hasil akhir.

Ciri Umum dan Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur
Secara umum teks prosedur kompleks memiliki ciri-ciri antara lain.
1.      Rinci, bahasanya disampaikan secara rinci dan teliti.
2.      Informatif, pada bagian langkah-langkah, bahasa disusun secara informatif karena bermaksud menunjukan sesuatu kepada pembaca.
3.      Objektif, tidak berpihak pada satu sisi, serta universal.
4.      Berisi langkah-langkah yang berkelanjutan dan disertai dengan penjelasan yang logis.
5.      Akurat dan terkadang disertai dengan pilihan untuk memudahkan pembacanya.
Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks juga berbeda dengan karya tulis lainnya dalam bahasa Indonesia. Bahasanya harus memenuhi beberapa standar diantaranya adalah sebagai berikut.
·         Konjungsi, bersifat konjungsi artinya banyak mengandung kata sambung maupun kata penghubung yang fungsinya adalah sebagai penghubung antar kata dan kalimat. Adanya kata sambung sebagai konsekuensi terhadap langkah atau tahapan pada teks yang dirunut berdasarkan kronologis. Beberapa jenis konjungsi yang sering digunakan antara lain; kemudian, lalu, setelahnya, selanjutnya, dan sebagainya.
·         Dalam teks prosedur akan sering dijumpai kata kerja imperatif atau kata kerja yang didalamnya memuat suatu perintah. Contohnya antara lain; letakkan, sisihkan, sediakan, siapkan, dan sebagainya.
·         Partisipan manusia sering terdapat partisipan manusia yang tidak secara khusus ditampakkan.
·         Kata kerja material atau kata kerja yang didalamnya memuat suatu tingkah laku, tindakan fisik yang dilakukan oleh manusia (partisipan).

2.2 UJI KOMPETENSI
1.      Carilah teks prosedur yang bersumber dari internet?
2.      Tentukanlah pernyataan umum, tahapan, dan penutup pada teks prosedur tersebut?
3.      Analisislah struktur dan kebahasaan yang terdapat pada teks prosedur tersebut?

2.3 KUNCI JAWABAN
Pembuatan Batu Intan
Intan hanya dapat dipotong dan dibentuk dengan menggunakan intan lain. Ini adalah karena intan adalah zat yang paling keras yang pernah dikenal. Setiap kristal intan hanya dapat dipotong dari arah tertentu, disepanjang bagian yang tidak terlalu keras.
Meskipun demikian, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memotong intan. Intan juga dapat ‘dibelah’ disepanjang empat arah berbeda yang memotong kristal.
Hampir semua intan ‘berpotongan berlian’ . Ini berarti faset-faset  – permukaan batu mulia – dipotong pada sudut-sudut yang benar-benar tepat untuk menghasilkan kilauan terbaik. Setiap faset berfungsi seperti sebuah cermin yang mengkilap di dalam batu mulia-  faset tersebut memantulkan cahaya dan memisahkannya menjadi warna-warna pelangi.
Ada beberapa tahap yang berbeda dalam pembentukan kristal intan menjadi potongan batu mulia. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembentukan intan.
Sediakan alat dan bahan yang diperlukan.Anda dapat memotong kristal intan menggunakan piringan perunggu tipis yang dilapisi debu intan dan minyak zaitun. Tentukan arah setiap kristal yang akan dipotong. Setiap intan kemudian diasah atau dibentuk.Pengasah intan membentuk batu mulia dengan menempelkan intan lain saat batu mulia tersebut diputar pada kecepatan yang sangat tinggi. Setelah mengasah dan memperhalus faset bagian atasnya, pemotong secara hati-hati menentukan bagian dari ke-enambelas faset utama yang akan diasah terlebih dahulu. Ketika faset utama digosok menjadi ukuran yang tepat. Penggerinda intan mengasah 40 faset kecil lainnya, maka lebih dari setengah kristal asli telah dipotong atau telah dibuang.


Analisis teks prosedur kompleks
Pernyataan Umum
Intan hanya dapat dipotong dan dibentuk dengan menggunakan intan lain. Ini adalah karena intan adalah zat yang paling keras yang pernah dikenal. Setiap kristal intan hanya dapat dipotong dari arah tertentu, disepanjang bagian yang tidak terlalu keras.
Tahapan
Sediakan alat dan bahan yang diperlukan. Anda dapat memotong kristal intan menggunakan piringan perunggu tipis yang dilapisi debu intan dan minyak zaitun. Tentukan arah setiap kristal yang akan dipotong. Setiap intan kemudian diasah atau dibentuk.Pengasah intan membentuk batu mulia dengan menempelkan intan lain saat batu mulia tersebut diputar pada kecepatan yang sangat tinggi. Setelah mengasah dan memperhalus faset bagian atasnya, pemotong secara hati-hati menentukan bagian dari ke-enambelas faset utama yang akan diasah terlebih dahulu. Ketika faset utama digosok menjadi ukuran yang tepat. Penggerinda intan mengasah 40 faset kecil lainnya, maka lebih dari setengah kristal asli telah dipotong atau telah dibuang.

 



1. Struktur teks

Tujuan                        : membentuk batu intan

Langkah-langkah       : (terdapat lebih dari 3 langkah)


2. Ciri-ciri kebahasaan
Partisipan manusia   : anda, pengasah, penggerindra
Verba material          : memotong, dibentuk, dipotong, dibuang,
  mengasah,vmemperhalus, diputar, dibentuk, menempelkan,
  diasah, dilapisi.
Verba tingkah laku                : tentukan, memisahkannya, menggunakan.
Konjungsi temporal              : kemudian, setelah, ketika.

3. Pada teks tersebut berisi kalimat deklaratif dan kalimat imperatif.
Kalimat deklaratif      : Setiap kristal intan hanya dapat dipotong dari arah tertentu,
  disepanjang bagian yang tidak terlalu keras.
Kalimat imperatif      : Sediakan alat dan bahan yang diperlukan.

GLOSARIUM

CNN

Kapal Selam
Kronologis
Logis
Mail
Objektif
Survei
Universal
Verifikasi
Yahoo

 

DAFTAR PUSTAKA

Mulyanis, Tika Hatikah. (2017): Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI
Kelompok Wajib. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Tersedia:
https://dosenbahasa.com/contoh-teks-prosedur-kompleks.html
http://infokuliner.com/resep-dan-cara-membuat-pempek-kapal-selam-mantap.html
jam 20:34 [15 Juli 2014]
https://www.google.com/search?newwindow=1&client=firefox-b&biw=1366&bih=659&tbm=isch&sa=1&q=struktur+teks+prosedur+kompleks&oq=struktur+teks+prosedur+kompleks.html
jam 20:34 [10 September 2013]

jam 10:51 [Minggu, 8 November 2015]

http://dianekasftr.blogspot.co.id/2015/01/makalah-teks-prosedur.html

jam 00:58 [Minggu, 18 Januari 2015]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Teks Negosiasi (Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Langkah-langkah, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh)

  TEKS NEGOSIASI DAFTAR ISI 1.       Pengertian 2.       Tujuan 3.       Ciri-ciri 4.       Langkah-langkah penulisan teks negosia...